Rabu, 20 Maret 2013

Tahapan Perencanaan dan Strategi Pemasaran

TAHAPAN  PERENCANAAN  DAN  STRATEGI PEMASARAN

A.    PERENCANAAN STRATEGIS

Perencanaan strategis adalah bagaimana cara agar dapat menemukan berbagai peluang menarik dan menyusun strategi yang menguntungkan. Perusahaan pada umumnya menyiapkan beberapa perencanaan , antara lain :

1.    Rencana Tahunan,  adalah rencana pemasaran jangka pendek yang menerangkan situasi pemasaran pada saat ini, tujuan perusahaan, program tindakan, anggaran, dan pengendalian.

2.    Rencana Jangka Panjang,  adalah rencana yang menerangkan faktor – faktor umum dan yang mempengaruhi perusahaan selama beberapa tahun kedepan.

Ada juga beberapa perencanaan dalam pemasaran :
•    Menentukan Tujuan   
•    Mengevaluasi Peluang
•    Menciptakan Strategis Pemasaran
•    Mempersiapkan Rencana Pemasarn
•    Menyusun Program Pemasaran

B.    TAHAPAN DALAM PERENCANAAN

Ada beberapa proses perencanaan dalam pemasaran yang terdiri atas 5 tahap, yaitu :
1.    Analisis Situasi
Analisis situasi meliputi penganalisaan jalannya program pemasaran perusahaan, cara penerapannya, dan segala sesuatu yang mungkin dihadapi pada masa yang akan datang. Pada umumnya hal ini meliputi analisis pengaruh luar dan sumber daya selain pemasaran .

2.    Penetapan Tujuan Pemasaran
Tujuan pemasaran ditetapkan karena nantinya tujuan ini akan dihubungkan dengan luas tujuan dan strategi pemasaran.

3.    Penetapan Posisi dan Perbedaan Keunggulan
Langkah ketiga ini meliputi dua keputusan yang komplementer yaitu, cara menetapkan posisi produk di pasar dan cara membedakannya dari pesaing.

4.    Pemilihan Pasar Sasaran dan Permintaan Pasar
Pasar sasaran harus diseleksi berdasarkan kesempatan. Untuk menganalisa kesempatannya, suatu perusahaan harus memperkirakan permintaan yang ada dalam jumlah pasar. Hasil ini akan menunjukkan apakah target perusahaan akan terpengaruhi atau tidak.

5.    Desain Bauran Pemasaran Yang Strategis
Perusahaan harus mendesaian bauran pemasaran yang meliputi empat “P”. yaitu :
•    Produck ( produk )
Meliputi : Barang berwujud, jasa, fitur, manfaat, level, aksesoris,   pemasangan, instruksi, garansi, lini produk kemasan, dan merek.
•    Place ( tempat )
Meliputi : Tujuan, jenis aluran , paparan pasar, jenis perantara, jenis dan lokasi toko, cara pengantaran dan penyimpanan, tingkat pelayanan, perekrutan perantara, pengolahan saluran.




•    Promotion ( promosi )
Meliputi : Tujuan, campuran promosi jenis jumlah pemilihan pelatihan motikasi, iklan target, jenis iklan, jenis media, penulisan teks dan isiapkan oleh siapa ?, penjualan promosi publisitas.
•    Price ( harga )
Meliputi : Tujuan , fleksibilitas, tingkatan pada keseluruhan siklus hidup produk, masalah geografis, diskon, dan penambahan serta pebgurangan harga.

C.    STRATEGI PEMASARAN UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF

Pembuatan desain strategi pemasaran yang kompetitif diawali dengan analisis terhadap pesaing secara menyeluruh. Perusahaan harus memantau wilayah secara formal maupun informal untuk mengetahui tujuan dan strategi, kekuatan dan kelemahan dari perusahaan yang menjadi pesaing. rencana pemasaran merupakan panduan untuk implementasi dan pengolahan yang tak terlepas dari empat fungsi manajemen, yaitu :
•    Analisis Pemasaran, dimana perusahaan harus menganalisis pasar dan lingkungan pemasarannya untuk memperoleh kesempatan yang baik dan untuk menghindari ancaman lingkungan.
•    Perencanaan Pemasaran, dimana melalui perencanaan strategis ini perusahaan dapat menetapkan fungsi yang ingin dikerjakannya dengan setiap unit.
•    Implementasi Pemasaran, ialah proses yang mengubah strategi dan rencana pemasaran menjadi tindakan pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran strategis.
•    Pengendalian Pemasaran, ialah proses pengukuran dan pengevaluasian hasil strategi pemasaran dan rencana pengambilan tindakan korektif untuk menjamin tercapainya tujuan pemasaran.

Program pemasaran harus dirancang untuk membangun ekuitas pelanggan. Karena, keuntungan yang diharapkan suatu perusahaan bergantung pada ekuitas pelanggan itu sendiri. Untuk mencapai hal ini, bagian – bagian dari suatu program pemasaran harus bekerja secara keseluruhan.

    Perencanaan strategi pemasaran itu sangat penting. Karena strategi yang baik bila dilaksanakan dengan buruk, masih bias mendapatkan keuntungan. Rencana yang buruk tetapi diimplementasikan dengan baik juga dapat membuat rugi perusahaan. Namun apabila strategi perencanaannya kreatif dan diimplementasikan dengan baik, maka hasil yang didapatkan akan jauh lebih baik dan memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar